Minggu, 30 Juli 2017

Pengalaman bisnis bioflok ikan nila

bisnis budidaya ikan adalah jenis bisnis yang memiliki masa depan cukup menjanjikan karena kebutuhan manusia akan protein hewani akan tetap ada. Berdasarkan salah satu artikel yang pernah saya baca jumlah populasi ikan didunia saat ini menurun hingga setengahnya dibandingkan dengan tahun 1950, hal ini disebabkan karena meningkatnya populasi manusia dan semakin canggihnya alat-alat penangkap ikan sehingga jumlah ikan yang diambil dari lautan semakin banyak.


ditengah menurunnya jumlah ikan di laut geliat bisnis budidaya ikan semakin terasa. nila, gurameh, lele dan karper adalah jenis ikan yang paling populer di masyarakat. Dari tahun ke tahun harga ikan selalu naik dan ini adalah kesempatan kita untuk masuk di bisnis ini.

beberapa hari lalu saya membaca bahwa ada salah satu perusahaan yang khusus membudidayakan ikan nila bernama aquafarm. Perusahaan ini adalah perusahaan investasi yang berasal dari luar negeri dan berhasil mengekspor hingga ribuan ton ikan nila pertahun. dari sini saja sudah terlihat bahwa bisnis ikan air tawar memiliki prospek yang cerah. Berbekal beberapa informasi, saya memberanikan diri untuk mencoba dan belajar bagaimana membudidayakan ikan khususnya nila dan lele.

beberapa tahun terakhir banyak didengung dengungkan satu sistem water treatment atau pengelolaan air kolam menggunakan sistem bioflok. kelebihan sistem ini adalah tidak diperlukannya ganti air pada kolam dan kolam tidak berbau karena bakteri probiotik yang dikembangkan dalam kolam akan memakan kotoran ikan. Bakteri ini kemudian akan membentuk gumpalan-gumpalan (flok) yang melayang-layang dalam air yang selanjutnya bisa dimakan oleh ikan. flok dari bakteri ini memiliki kadar protein hingga 40% yang mana ini sangat bagus untuk perkembangan ikan.

dari pengamatan beberapa hari ini juga saya mengetahui kalau parameter-parameter air juga cukup bagus dan stabil diantaranya PH, TDS, kekeruhan, suhu serta tingkat kematian ikan yang cukup rendah. Lingkungan air yang stabil tentunya sangat baik untuk pertumbuhan ikan.

lanjut ke bagian ke 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar